LA2 M1 UP UC
Keypad dan LCD
1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
Diagram Blok:
2. Prosedur Percobaan [Kembali]
+ Rangkai semua komponen
+ buat program di aplikasi arduino IDE
+ setelah selesai masukkan program ke arduino
+ jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul
Prinsip Kerja
Pada rangkaian ini menggunakan komponen antara lain yaitu mikrokontroler (ATMEGA328P-PU), keypad, potensiometer dan LCD.
Prinsip kerja rangkaian ini ialah dimana keypad 3x4 berfungsi sebagai input sedangkan LCD berfungsi sebagai output.
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] =
{
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
Sesuai dengan program arduino yang sudah di buat dimana terdapat array matrix 3x4 yang merepresentasikan layout keypad, yang masing-masing karakter terkait degan tombol pada keypad. Jadi apabila kita menekan tombol pada keypad maka akan dimunculkan tulisan tombol tersebut di LCD.
Jadi apabila kita menekan button keypad maka pada LCD akan tertulis "Tombol: (tombol yang ditekan)", begitu pula bila menekan tombol pagar (#) dan tombol bintang (*)dan tombol 0 - 9.
Potensiometer disini berfungsi untuk mengatur kontras pada LCD agar tampilan cahaya dapat di sesuaikan dengan pencahayaan lingkungan sekitar.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Listing Program:
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
Percobaan 4 LCD akan menampilkan tombol sesuai dengan input keypad yang ditekan.
Download file HTML klik disini
Download Video Percobaan klik disini
Download Datasheet LCD klik disini
Download Datasheet Arduino Uno klik disini
Download Datasheet Keypad 4x4 klik disini
Download Library Arduino Uno disini
Download Library Infrared Sensor disini
Komentar
Posting Komentar